Searching...
11.13.2013
EARACHE RECORDS HISTORY

EARACHE RECORDS HISTORY















EARACHE RECORDS HISTORY

EARACHE RECORDS memang tetap tidak dapat dipisahkan dalam perkembangan dan perjalanan Panjang Musik Metal Internasional, dikenal namanya pada era ke-emasan bangkit dan memanasnya Genre Death Metal, Grindcore, Crusty dan Extreme lainnya, banyak sejarah mencatat Nama Label yang bermarkas di Nottingham ini memiliki peran yang sangat Vital melahirkan debutan mengerikan dari Karya band2 Legendaris semacam MORBID ANGEL, NAPALM DEATH, BRUTAL TRUTH, BOLT THROWER, CARCASS, ENTOMBED, TERRORIZER, CATHEDRAL dan masih banyak lagi masterpiece sejarah metal awal dilahirkan dari label ini. Logo Label keren Earache Records dibuat oleh Frontman CARCASS, Jeff Walker dan sangat melegenda Imej-nya dari dulu hingga sekarang.

Earache Records dibentuk pada musim panas tahun 1986 di apartemen Nottingham oleh seorang Pemuda berusia 25 tahun yang bernama Digby Pearson, yang bertahun-tahun sebelumnya adalah scenester vegan yang populer didaerahnya dan sekaligus penggemar berat dari scene Hardcore Underground 80-an, setelah band-band seperti DISCHARGE, MDC dan D.R.I dll Dig dalam dasar-dasar dari industri musik mulai melakukan tugas sebagai seorang penulis untuk sebuah fanzine Punk Maximum RocknRoll, mempromosikan Band2 HC Inggris untuk bisa Tur ke Amerika HC band 'di Inggris dan Merilis flexidiscs band seperti THE STUPIDS dan HERESY.

Melihat dari perkembangan awal sebuah Band crossover Punk Hardcore dan Thrash Metal Scene, Digby, mulai semakin Giat mempromosikan beberapa band yang dianggap memiliki Potensi bagus dari scene Hardcore paling ekstrim, dan untuk pertama kalinya Earache Records Menemukan Napalm Death, yang saat itu mulai mengenalkan Permainan Yang Nge-snare blasting cepat dan Lirik Berbau Politik sosial yang akhirnya populer disebut sebagai " Grindcore " yang diperkenalkan oleh Drummer Mick Harris Napalm Death. dan Rilisan LP pertama " Scum " Earache sebagai Label Konsis yang langsung memancing Aplous Fans-nya sekaligus mendongkrak Populeritasnya dengan konsep keras yang pertama kali dikenalkan di Kalayak Luas. dan album ke kedua mereka " From Enslavement to Obliteration " pada tahun 1988, Napalm Death telah membuktikan Perlawanan mereka dengan Industri Musik Mainstream dengan menembus pada posisi Nomor 1 di Tangga lagu Indie Inggris dan Untuk pertama kalinya bisa tampil di BBC Radio 1 DJ John Peel serta Tampil di Cover Scoring Label NME. Namun catatan juga menuliskan jika Rilisan pertama Earache Records adalah Kompilasi “Anglican Scrape Attic “ jauh sebelum menggunakan nama Earache Records sebagai Label resminya,  Kompilasi hardcore punk dan crossover yang menampilkan band HC lawas seperti Hirax, Lipcream, Concrete Sox, etc. sementara Rilisan Pertama kali dalam format Vynil adalah album The Accüsed's “ Return of Martha Splatterhead “ tahun 1987 dengan Kode Katalog-nya MOSH.1

Pada tahap selanjutnya, Label ini mulai Tumbuh berkembang dari Tempat awal di Kamar tidur Dig menjadi sesuatu yang lebih terorganisir dengan Banyak Meminang Band2 Grindcore dan Death Metal genre yang datang secara Bersamaan termasuk Satanist Florida Death Metal MORBID ANGEL, Sweden Downtuned ENTOMBED dan kemudian untuk pertama kalinya Earache Records pun merilis debut " Reek of Putrefaction " dan " Symphonies of Sickness " dengan respon yang mulai hangat menerpa Label ini. Dan Selama ini, Earache Records tidak hanya terbatas Merilis Band genre Death Metal tetapi hampir semua macam Sub genre ekstrim, dari Industrial Metal pionir GODFLESH dan PITCHSHIFTER, ke Gaya Sludgy Doom seperti CATHEDRAL dan Band Pertama Stoner Rock asal Kalifornia, SLEEP. dan untuk pertama kali Tercatat dari musisi avant garde seperti John Zorn dan Bill Laswell juga telah mulai memberikan kontribusi.

Pada tahun 1992, Genre Death/Grind Mulai lebih mendapat Sambutan dan Perhatian Dunia. banyak Rilisan Earache Records muncul dibeberapa tangga lagu Album Nasional di Negara Inggris, Swedia, Jerman dan Amrik dengan angka yang fantastik di era-nya. Nama Earache Records pun melambung tinggi dengan angka penjualan rilisan yang bagus sekali.

Pada tahun 1993, Earache Records menandatangani kesepakatan lisensi dengan Pihak Label Raksasa Sony Music di Amrik dengan asumsi alami dari semua dukungan pihak mayor label, beberapa band ekstrim Earache Records pun akhirnya bisa memboyong Penghargaan Platinum Rock. yang saat itu Amrik mulai dibanjiri oleh Genre Musik Grunge dan Nu Metal yang mulai Booming. dan Kerjasama dengan Pihak Sony Music pun tidak berlangsung lama karena kegagalan penjualan album di kawasan Amrik karena beberapa Faktor mulai Menjamurnya 2 genre tersebut. CARCASS pun mulai Melakukan Kerja bareng dengan pihak Sony Music meskipun Karirnya ga begitu lama di Sony Music. sementara itu beberapa label Raksasa mulai tertarik meminang beberapa band Earache Records yang telah Meraup sukses, seperti bergabungnya MORBID ANGEL ke Giant Records sekaligus menjadikan Band Death Metal yang sukses secara komersial untuk pertama kali bergabung dengan Major label, setelah itu ENTOMBED ke East West dan SLEEP ke London, dan setelah ini banyak band2 Potensial Earache Records mulai Cabut dari label ini, namun Earache Records berusaha tetap eksis dengan menambah Jumlah rilisan dan Independen. Tidak lama setelah itu , Earache Records pun langsung mencetak angka penjualan mengagumkan dari band Melodic Death Metal legendaris Swedia, AT THE GATES ! immediately scored big with Swedish melodic Death Metal band At The Gates, dan setelah itu Inggris perkembangan Musik Cyber/Techno juga mulai Booming oleh band ULTRAVIOLENCE dan kemudian disusul oleh sukses band DUB WAR memasuki Posisi urutan 5 UK singles Chart selama beberapa tahun. sejak pergantian Tahun 2000 millenium, Earache Records pun membentuk Sub label baru dengan nama WICKED WORLD RECORDS yang langsung mengibarkan sayapnya merilis debut album dari band seperti THE HAUNTED dari Swedia dan Dark Gothic asal Norwegia, MORTIIS, lalu Menyusul Australia Grind Mutants THE BERZERKER dan Death metal Muda berbakat Polandia, DECAPITATED. Lalu frontman CARCASS, Jeff Walker juga memulai sub label di Earache dengan nama NECROSIS RECORDS dan Rilisan pertamanya adalah album REPULSION “ Horrified “, kemudian Bill Steer CARCASS juga memulai Sub label baru lagi SUB BASS RECORDS

Earache Records semakin 100% berkomitmen untuk lebih menggali bakat baru, namun sayang pada akhir tahun 1999 Kembali Earache Records harus melepas kembali 2 band besarnya, NAPALM DEATH  dan CATHEDRAL setelah kebersamaan mereka selama 1 dekade. NAPALM DEATH Merilis album " Enemy Of The Music Business " dengan Sub label bentukannya label Rough Trade Records, Dreamcatcher Inch. lebih dulu sejak mulai Ep " Leaders Not Followers " tahun 1999. namun tidak lama kemudian Tahun 2003 Napalm Death sempat kembali Ke Earache untuk merilis Double CD Kompilasi " Noise for Music's Sake " setelah sebelumnya Napalm Death Bergabung ke Feto Records untuk merilis album " Order of the Leech " tahun 2002. dan Selama Tahun 2002 - 2004 Earache terus memperkenalkan Rilisan2 terbaiknya, seperti album " Best Compilation " double CD milik CATHEDRAL " Serpents Gold " dan 2 album " Best Album " Milik CARCASS " Wake Up and Smell The.." dan "Choice Cuts " yang akhirnya menjadi album koleksi paling wajib para Metalhead. dan kemudian untuk pertama kalinya Earache records pun merilis format digital baru audio visual DVD, karena telah didokumentasikan sebagian besar oleh band nya selama bertahun-tahun dan beberapa rekaman footage. Earache Akhirnya merilis debut DVD dari Carcass, Napalm Death, Cathedral, Entombed dan Godflesh, serta 2 kompilasi klip promo di DVD, yang dikenal sebagai iCRUSHER DVD series. serta DVD The Haunted "Caught On Tape" telah menembus pada peringkat 1 di chart DVD Swedia pada awal 2003. Tidak lama kemudian Earache juga membentuk satu lagi sub-label untuk membawa bakat baru yang telah membuahkan hasil dengan nama ELITIST RECORDS yang dibentuk oleh Lee Barrett, yang ga lama setelah itu menggandeng Band Italian Death jazz-core sensasional seperti EPHEL DUATH dan kemudian Bergabung pula lah UK  Ephel dan kemudian bergabunglah new breed of extreme power metal, BIOMECHANICAL !

Guncangan Hebat pun terjadi pada perjalanan Earache, disaat beberapa band lain mulai Menjadi Booming hebat, seperti di Amrik sedang kena wabah SLIPKNOT, di Eropa sedang lebih Populer nama NIGHTWISH, dan Amrik juga sedang Berkembang pesat USA Metalcore seperti HATEBREED & SHADOW FALL, kemudian ada wabah baru dengan lahirnya Genre Emo/Screamo dari THURSDAY & LOST PROPHETS yang Lebih " Pura-pura " Tampil sebagai Band Metal Extreme jauh dari kesan sederhana Band2 di Earache Records, namun beruntung band MORTIIS bisa menembus Top 60 UK National Charts lewat 2 single'nya. ga lama setelah itu Earache pun menambah Keluarga barunya dengan bergabungnya Band Swedia CULT OF LUNA yang menjadi Trendsetter tersendiri serta Bergabungnya AKERCOCKE yang akhirnya sukses dibeberapa album dan dipuji banyak media. hingga tahun 2004 seorang penulis Buku Berbakat, Albert Mudrian yang menulis secara Rinci sejarah Death Metal dan Grindcore dalam bukunya " Choosing Death " yang menempatkan kunci Earache Records sebagai Kunci dan peran Utama katalisator sentral di dalam " Perkembangan " nya dan hal ini secara otomatis tetap menjaga pamor Earache sendiri.

Morbid Angel Pun sempat dikabarkan akan kembali ke Earache setelah 15 Tahun berpisah, namun karena ada masalah dengan Vokalisnya, David Vincent, akhirnya Earache gagal meminang mereka kembali dirosternya dan sebagai gantinya DEICIDE memutuskan untuk bergabung dengan Earache setelah hengkang dari Roadrunner Records yang telah melakukan Rip Off dengan Pihak Deicide setelah mencetak banyak Dollar dilabel tersebut, dan tahun 2004 Deicide pun melepas album pertama di Earache dengan CD " Scars Of The Crucifix " dengan hasil menakjubkan, banyak Fans lama dan Baru mulai menyukai CD baru ini, dengan penjualan terbaik, CD tersebut akhirnya bisa menembus USA Billboard Charts. lalu tahun 2005, Earache Kembali berbangga Salah Satu Penghuni Roster-nya, ADEMA, band Nu Metal yang dimotori oleh Saudara tiri Vokalis Korn, Jonathan Davis yaitu Marky Chavez menjadi salah satu Band Kebanggaan Digby Pearson, lalu disusul oleh Italian Politic Hardcore LINEA 77 menempati posisi Top 10 National Album Chart dengan CD " Available For Propaganda "nya sebagai hadiah penampilan panggung terbaik dan didukung oleh MTV.

Tahun 2005 merupakan tahun cobaan yang sulit bagi Earache Records, saat segala finansial mengalami Guncangan yang dimulai dengan penurunan Omset dari Elitist Records yang berakibat Buruk, segera Earache Pun menggandeng Label asal UK, CODEBREAKER serta WILLOTIP RECORDS dengan harapan dapat menutup segala kerugian Finansial. hal yang yang terjadi adalah penurunan drastis segala penjualan CD yang konsumen mulai lebih menyukai dengan Cara Download file Digital dari Internet, dan sebagian besar Ilegal melalui File situs Sharing, sehingga pihak Apple pun meluncurkan " iTunes Music Store " sebagai langkah solusi dari masalah ini, dengan menjual iPod, konsumen bisa mendowload lagu secara legal, namun income Finansial Earache Kurang begitu teratasi karena kondisi yang Signifikan.

Dan pada Januari 2005 Earache mulai lebih melunakkan diri dengan adanya Teknologi Digital Download, yaitu dengan meluncurkan sendiri MP3 Download Website beralamat di www.metaltracks.com, yang didalamnya menjual lebih 4000 lagu + Katalog tracks, tanpa DRM lebih sebagai Format MP3 hanya untuk alasan harga, menjadi salah satu situs MP3 Resmi pertama yang cukup berhasil. terbukti beberapa Hacker tidak bisa menjebolnya Pengalaman dengan metaltracks.com membuktikan secara langsung bahwa banyak fans yang dengan senang hati akan membayar untuk musik download, tetapi juga diajarkan label pelajaran berharga bagaimana di era digital daya jual tetap datang, masih banyak lagi.

Sepanjang tahun 2006 - 2007sebuah siaran TV terkenal dari Channel Discovery dan BBC untuk pertama kalinya tampil secara kontroversial dengan TV Dokumenter tentang sosok Fenomenal Glen Benton-nya DEICIDE, dan mendapat tuduhan jika Suatu Website bermotif Politik Militer AS menggunakan Musik Deicide untuk menginterogasi tahanan / narapidana di penjara terkenal Irak,  Abu Graihb. dan muncul pula berita sensional yang dibuat oleh surat khabar Nasional baik di Inggris maupun di Amrik, dan momen ini pun tidak disia siakan oleh Earache untuk merilis CD Deicide " Stench of Redemption " yang seketika itu bisa menembus Tangga lagu Bergengsi Billboard (Heatseekers) dengan angka penjualan fantastis. kemudian Keluar edisi Bulanan METAL HAMMER dengan gambar Deicide pada sampul depan, yang didalam edisi Majalah tersebut juga banyak mengupas tentang Earache lengkap dengan band2 alumni Earache.

Lalu Earache Records juga mengadakan terobosan Unik dalam segi pemasarannya, dengan menjual Game 2 Konsol Playstation berlabel kan Earache dengan nama " EARACHE EXTREME METAL RACING  (PS2) " dengan harga yang terjangkau, game ini adalah sebuah Racing yang simple namun menyenangkan yang banyak memainkan lagu2 band rilisan Earache selama durasi awal hingga finish memakan waktu 3 jam-an, dan sukses game ini dibuktikan dengan angka penjualan yang bagus masuk dalam 40 besar Pada Grafik penjualan Game di AMAZON, namun sayang Game ini tidak dilisensikan ke beberapa Negara, sehingga dianggap oleh beberapa pihak kurang mewakili strategi Pemasaran Rilisan Metal Earache Records dalam Game P2P.

Tahun 2004 sejak diluncurkan Myspace.com, namun tahun 2007 telah menjadi fenomena industri musik. Dengan menawarkan musik gratis, yang mudah digunakan, dan mengambil momen semakin dekat dengan para Penggemar musik memang tak terbayangkan sebelumnya oleh banyak label dan band untuk melakukan Promosi yang bagus. dan hal ini juga sangat berguna bagi label/band yang kesulitan untuk membuat sendiri sebuah website, dan hal ini ditambah dengan Kemunculan YouTube yang semakin memberi celah berpromosi secara cuma2 disini. penempaan karir untuk diri mereka sendiri tanpa dukungan perusahaan rekaman sama sekali. Sulit untuk mengungkapkan berapa banyak website ini benar-benar mengubah lanskap industri musik-nya.

Kemudian terjadinya Retro Thrash Metal mulai berkembang kembali memasuki tahun 2007, banyak Musisi muda mulai menyenangi Music Old School Thrash metal dan mulai menjauhi Genre Death/Black/Industrial/Gothic styles untuk kembali menyukai gaya Metal klasik yang hampir selama 20 tahun kurang begitu diminati. hingga Earache Mulai meminang beberapa band Thrash Metal seperti EVILE, GAMA BOMB, BONDED BY BLOOD, SSS dan VIOLATOR dalam rosternya, dan mengenalkan mereka sebagai Generasi Baru New School Thrash Metal band dan membuat album kompilasi " Thrashing Like A Maniac " pada Januari 2008, dan MUNICIPAL WASTE dianggap sebagai salah satu Provokator Kuat lahir kembalinya genre ini sejak berada dalam Roster Earache Tahun 2004 dengan beberapa rangkaian tour panjangnya semakin memperkenalkan diri sebagai new Thrash Metal scene.

Salah seorang Direktur Musik Software House bernama HARMONIX ( yang aslinya di Perancis bernama GUITAR HERO .ed ) menjadi saingan terberat Game Earache, perusahaan itu meluncurkan ROCK BAND Game yang didalamnya juga memasukkan beberapa lagu Thrash Metal sebagai Soundtrack-nya. selanjutnya Earache pun merilis The 'Earache Thrash Pack' yang menampilkan 3 band seperti  At The Gates, The Haunted & Evile yang dirilis sebagai Materi download ( DLC = Downloadable Content .ed ) sebagai soundtrack Resmi Game ROCK BAND PS3 dan XBOX360 pada Bulan Mei 2008in May 2008, and  once again, dan sekali lagi keterlibatan di sektor video game terbayar, sebagai BAND ROCK menjadi sebuah keberhasilan Global Dunia Hiburan beromset miliar-an

Tahun 2008 kemudian menjadi era kebangkitan banyak band2 lama dari Earache tampil diberbagai Panggung dan Festifal yang begitu pesat dari permintaan banyak fans yang mulai merindukan karakter lama mereka yang tak hilang dan lekang oleh waktu tergilas oleh musik2 Trend metal saat itu. nama CARCASS dan AT THE GATES pun kembali muncul dibeberapa event dan Earache tetap berada pada Reunian mereka untuk tetap meluncurkan beberapa Rilisan lama mereka dalam format Deluxe Re-Issued, dan Kembalinya Carcass bersama At The Gates juga Morbid Angel memberi support penampilan band Heavy Metal terbesar sepanjang Masa IRON MAIDEN saat penampilan mereka di Italy.

Tahun 2009 kembali menjadi Tahun Krisis Bagi Earache, saat Banyak label2 metal aktif sebelumnya mulai gulung Tikar, seperti halnya Peaceville, label dari UK juga memiliki 2 Sub label Deaf Records danTyrant Syndicate yang menyatakan untuk berhenti dan menjual aset-nya kepada label lain, Snapper Music. ditambah semakin banyaknya genre baru dilahirkan, disaat Earache tetap Konsis dengan band2 Era 90-an, sehingga kembali membuka peluang untuk Menerima Genre Musik Hardcore metal yang lebih extreme dengan genre baru menjadi " Deathcore ", earache lalu kemudian menggandeng Band OCEANO dalam roster-nya, dan dengan CD " Depths ", Oceano berhasil menembus Chart bergengsi Amrik Billboard Versi Heatseekers pada Bulan April 2008. namun memasuki tahun 2009 trend baru diindustri musik berganti dengan demam True-to-the-roots Heavy Metal yang beken disebut sebagai NWOBHM, dan menjadi Label Profesional, Earache tidak mau terlalu terikat dengan Idealisme demi mencari sebuah keuntungan, lalu pada Bulan Februari 2009 Earache Merilis Sampler Kompilasi " Heavy Metal Killers " yang didalamnya banyak diisi oleh band2 dengan genre NWOBHM, ada band Cauldron dan White Wizzard. dan Akhir tahun 2009, populeritas Thrash Metal masih tak tergoyahkan oleh penjualan album-nya Municipal Waste dan Evile. Dan tahun kini Earache telah mengeluarkan sebuah kebijakan marketing baru dengan system penjualan Online Emusic.com, yang kini Earache mulai kembali menjual beberapa rilisan lawas yang sudah mulai sulit dicari fans-nya, walau pada kenyataannya sempet terbesit dalam benak seorang Dig untuk tidak mencoba menggantikan rilisan Fisik ke MP3 Download, baginya Setiap label yang tidak ingin menggunakan revolusi MP3 adalah semacam hal yang benar benar gila dalam Industri Musik abad kini dan lebih berani menerima kenyataan kalau Earache harus kehilangan beberapa distributor CD-nya, yang saat ini Negara Malasya sebagai Distributor terbesarnya dikawasan Asia Tenggara. Dan hingga pada saat ini lebih ada 4ribu lagu yang bisa dibeli melalui Online Emusic.com atau metaltrack.com. Dan beberapa Rilisan langka Earache dalam format Vynil tentu ga semua orang bisa mendengarnya mengingat kesulitan Player Vynil-nya, seperti albumnya SPAZZTIC BLUR dan beberapa Split Demo langka.

Earache Records memang dikenal oleh seluruh dunia Musik Cadas Internasional sebagai salah satu pemberi Kontribusi perkembangan Band2 metal era 90-an yang sangat besar, dan Hingga sampai saat ini telah lebih menjual 10 juta rilisan yang dimulai dengan sistem yang sangat Independen oleh sang pemiliknya, Digby Pearson yang tetap masih ingin bertahan seperti awal mula label ini dibentuk dikamar tidurnya, tetap komitmen terhadap inovasi Metal scene.

0 komentar: