Searching...
11.13.2013
RELAPSE RECORDS HISTORY

RELAPSE RECORDS HISTORY















RELAPSE RECORDS HISTORY

Pertama kali Label RELAPSE RECORDS dibentuk oleh seorang Matthew F. Jacobson pada Bulan Agustus, 1990 di ruangan bawah tanah orang tuanya di Aurora, Colorado setelah kecintaannya pada musik Metal membelenggu-nya pas Matthew duduk dibangku SMA dan mulai mendengarkan lagu2nya ZZ TOP, BLACK SABBATH dan sejenisnya yang kemudian mengenalkannnya lagi pada lagu2nya MOTLEY CRUE, METALLICA dan IRON MAIDEN hingga akhirnya mulai mencicipi yang lebih cadas pertama kali dari SLAYER, CELTIC FROST, dan KREATOR yang sempat mendorongnya membuat beberapa band metal dengan nama INCESSANT MUTILATION dan PSYCHOTIC SOCIETY. ingin menggabungkan antusiasme untuk menyediakan penggemar musik ekstrim dengan kualitas terbaik, dengan pandangan ke depan serta berpikiran maju untuk mengembangkan musik. Dua Rilisan Klasik pertamanya adalah 7-inci single band VELCRO OVERDOSE “Flesh-ripping Sonic Polka “ sebanyak 500 Kopi dan FACE OF DECLINE, yang kemudian disusul oleh 3 band death metal yang menjadi cikal bakal kebesaran nama mereka dilabel ini, DECEASED, SUFFOCATION, dan INCANTATION.

Mulai menjalankan Label RELAPSE RECORDS ( RR ), Matthew F. Jacobson mengawalinya secara bertahap dan  tidak mengharapkan setiap Planning Rilisannya akan jangkauannya untuk kedepannya, sampai suatu hari ia menyadari bahwa mungkin ada masa depan yang cerah untuk label diluar pekerjaannya sendiri ini. Matthew F. Jacobson menggunakan Koneksi kontaknya yang dia diperoleh saat membuat sebuah fanzine bareng sohib-nya, John Canady dengan nama HORRENDLFLED yang inspirasinya datang saat Matthew membaca Issue pertama Majalah PIT yang masih dalam format Xeroxed Copy alias Photo copian yang kemudian membaca Majalah SLAYER magazine dari Norwegia, kemudian Matthew dan John ingin membuat Kaset kompilasi dan merasa bingung untuk memberi label untuk dirilis nantinya sampai akhirnya terpilih nama RELAPSE RECORDS tersebut. tidak hanya untuk jaringan pada label namun juga Matthew F. Jacobson juga berkecimpung dalam dunia Artwork. Dan Setelah itu , untuk pertama kalinya Jacobson mulai berkenalan dengan William Yurkiewicz Jr, yang menjadi rekannya dalam RR ini. Yurkiewicz yang awalnya juga mendirikan label rekaman sendiri, yang merilis album dari band GENERAL SURGERY, DISRUPT, DESTROY, MISERY, dan bandnya sendiri, EXIT-13. yang kemudian memutuskan untuk bergabung untuk membangun RR, yang bertujuan untuk Merilis Musik Extreme Metal berkualitas tinggi dalam kemasan yang lebih Profesional.

Dan Tentang nama RELAPSE RECORDS, Matthew Mengatakan “Saya ingin nama lebih terasa sesuai untuk segala musik Metal tanpa ada sebuah Batasan, seperti halnya nama Metalhead Records atau Kill Your Mom Records, saya benar2 ingin sesuatu nama yang tidak akan membatasi ruang lingkup musik kami." Dan Setelah menetapkan nama RELAPSE RECORDS sebagai merek dagang-nya, Jacobson pun semakin rajin pergi bekerja pada beberapa Sistem jaringan Kontak yang dia jalin saat membuat HORRENDIFIED. Jacobson sepertinya semakin terus gencar menyebarkan berita dan informasi tentang label barunya ini, Kemudian Jacobson mulai melakukan kerjasama rilisan Seriusnya kepada band yang dikenalnya dengan baik, SUFFOCATION dan INCANTATION untuk pertama kalinya pada Rilisan mereka. Dan ketika Rilisan Pertama SUFFOCATION “Human Waste “ dirilis untuk pertama kalinya mendapat banyak Pujian bagus, yang ga lama setelah itu hal serupa juga datang dari album Melodic Death/Doom Metal Ternama asal Finlandia AMORPHIS dan lalu death metal AS MORTICIAN dan DECEASED. Yurkiewicz dan Jacobson yang merupakan salah satu fans Musik Metal dengan sentuhan eksperimental, elektronik ambient dan Noise, segera membuat Sub Label untuk merilis Kegemaran Musik barunya tersebut dengan adanya Release Entertainment tersebut.

Pada tahun 1991, RR memindahkan kantor mereka dari Ruangan Kecil Bawah Tanah Lama Matthew ke Millersville, Pennsylvania. Kemudian Pada tahun 1992, RR semakin memperluas jangkauan dengan penciptaan anak label perusahaan yang mereka sebut sebagai RELEASE ENTERTAINMENT, yang mengkhususkan diri merilis Genre Musik experimental, ambient, industrial, dan noise, yang Sub Label ini masih tercatat hanya memiliki 1 Rilisan dari band TRIBES OF NEUROT untuk album “Silver Blood Transmission “ tahun 1995. Dengan pertumbuhan yang semakin pesat  datang dari Bisnis mail-order/wholesale yang segera menjadi pusat distribusi Musik Extreme terbesar untuk semua genre musi Metal di Amerika Serikat. Layanan mail-order ini mengelola hampir semua genre Musik Extreme serta beberapa Stuff, serta publikasi luas dari seluruh dunia. Dan Sepanjang tahun itu RR semakin terus tumbuh dan Menangani beberapa Musisi dari berbagai genre yang lebih luas. Kemudian Pada tahun 1996, RR untuk pertama kalinya meluncurkan Media promosi baru yang membantu akses RR dalam hal Publikasi dengan adanya RESOUND MUSIC RESOURCE GUIDE. Yang membuat fans Music metal semakin mudah menerima akses langsung Aktifitas RR ini melalui sebuah wawancara band dan review Musik, serta menjadi bagian katalog mail-order-nya RR.

Pada tahun 1994, RR merilis Album Klasik Keren milik AMORPHIS “ Tales from the Thousand Lakes “ yang menjadi penjualan terbaik ditahun 1994 dengan sold out sekitar 100.000 kopi semakin memberi Efek luas dan pengaruh terhadap scene metal di seluruh dunia. Semakin membantu RR yang masih muda berubah menjadi sebuah perusahaan yang sedang berkembang. Mungkin lebih dari jangka waktu yang lain, tahun 1995/1996 dan perkembangan mereka untuk sukses RR tumbuh dan berkembang.

Lalu RR mendapatkan Kerjasama dengan band NEUROSIS saat band ini masih berada dibawah bendera label  ALTERNATIVE TENTACLES, yang kemudian memberi arah dan warna baru bagi label, seperti yang pernah dikatakan oleh Albert Mudrian, redaktur pelaksana di RED FLAG MEDIA, Philadelphia. dan sebuah Buku  tentang sejarah grindcore dan death metal, CHOOSING DEATH mengatakan " Ini adalah sebuah band dengan kredibilitas bawah tanah yang serius di kalangan punk dan hardcore. Membawa NEUROSIS bisa bergabung dalam roster RR yang mulai lebih “ Maju “. Kemudian untuk pertama kalinya RR bertemu dan kerja bareng dengan grindcore magnates Populer, BRUTAL TRUTH ! dan penambahan satu penghuni baru, Amphetamine Reptile mongers UNSANE dan TODAY IS THE DAY dalam Daftar Roster label membuktikan bahwa itu juga merupakan Terobosan terdepan bagi seniman pinggiran yang ekstrim di luar lingkaran genre Death Metal. Dan NEUROSIS pun bisa tampil di event Bergengsi legendaris seperti OZZFEST karena ketertarikan seorang Sharon Osbourne ( Istri Vokalis Legendaris Ozzy Osbourne .ed ) yang menjadi EO untuk Event Termegah dan bergengsi ini menganggap Musik NEUROSIS begitu asli dan tentunya menarik untuk ditampilkan di Ozzfest

Pada tahun 1995, RR untuk pertama kali pun meluncurkan domain Official website resmi-nya www.RELAPSE.com. Yang membantu dalam hal Publikasi yang Terupdate setiap harinya dengan Informasi yang Akurat, sehingga Fans RR semakin dimanjakan dengan adanya Situs Resmi RR ini.

Pada tahun 1998, Relapse membuka kantor promosi di Berlin, serta menjalin sebuah kesepakatan Distribusi di kawasan  Negara Jerman selain merangkul kerjasama erat dengan NUCLEAR BLAST RECORDS. Momen Bersejarah Penting bagi label adalah pada tahun 2003 ketika Relapse Contamination Festival pertama yang pernah diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 18 dan 19 Januari 2003 di Teater Trocadero di Philadelphia, Pennsylvania yang menampilkan Band Roster RR. Pada tahun 2000, Untuk kesekian kalinya RR harus pindah Kantor ke Upper Darby, di luar Philadelphia dan mulai kembali menyertakan Rilisan Kaset fisik / Kaset Pita Pada Daftar Toko-nya. Pada bulan Juni 2001, RR untuk pertama kalinyua Toko Musik di South Street di Daerah Philadelphia, yang tempatnya juga berdekatan dengan beberapa toko kaset Musik metal terkenal lainnya. Pada tahun 1998, New Jersey DILLINGER ESCAPE PLAN semakin popular di RR yang kemudian disusul dengan bergabungnya South Carolina Egyptian Death Metal Kondang NILE semakin menggabungkan kemampuan musik yang tidak terjangkau hanya dengan interpretasi tentang bagaimana musik itu untuk dimainkan. Debut NILE pertama di RR pada tahun 1998 adalah CD death metal klasik “Amongst the Catacombs of Nephren-Ka “ yang melejit dipasaran begitu dilepas. segera meningkatkan standarnya untuk band-band death metal dengan lirik dan konseptual yang lebih brutal, instrumentasi eksotis, dan simfoni Timur Tengah.yang lalu selama Enam tahun, beberapa Catatan Tour Dunia yang tak terhitung jumlahnya dan album selanjutnya NILE siap menanti, NILE pun duduk di antara pilar genre, setelah tempat mereka di jajaran Metal elit.

RR semakin terus maju dalam hal promosi dan keinginannya untuk kedua memperluas dan menyatukan berbagai lintas dari komunitas musik Metal ketika menjadi sponsor untuk banyak terbesar festival tahunan di Amerika Utara termasuk Metal New England, Hardcore Festival, Milwaukee Metalfest dan selanjutnya New Jersey " March Metal Meltdown" festival akhir pekan. RR melakukannya dengan antusiasme yang besar. Pada pertengahan-2000, untuk kesekian kalinya RR memindahkan kantor pusatnya ke pinggiran kota Philadelphia, disebuah batas pedesaan di daerah Lancaster, PA. Beroperasi dari lokasi yang luas plus menyediakan akses yang semakin tinggi kepada para  penggemar dan tempat di kedua metropolitan Philadelphia pinggiran kota dan seluruh timur pantai, keputusan memindahkan RR itu terbukti merupakan perbaikan serius untuk berkembangnya label ini.

Pada tahun 2001, RR masih terus diperluas dan diversifikasi daftar rilisannnya lagi demi memperkuat  penambahan beberapa genre rock yang terkenal mulai terdengar berat. Dengan dipinangnya Trio Oakland, HIGH ON FIRE dan Richmond, Virginia kwintet ALABAMA THUNDERPUSSY.

Pada bulan November tahun 2002 RR pun mengumumkan rencana untuk RELAPSE CONTAMINATION FESTIVAL musik pertama. Terdiri seluruhnya dari Band2 Roster RR, yang menampung potensi menarik bagi Band peserta. Dengan Penampilan Utama MASTODON dan DILLINGER ESCAPE PLAN yang didukung pula oleh penampilan Roster barunya seperti, BURNT BY THE SUN, CEPHALIC CARNAGE, ALABAMA THUNDERPUSSY, PIG DESTROYER,  BONGZILLA, TO DAY IS THE DAY, DYSRHYTHMIA, DAYLIGHT DIES, THE END dan 27. Festival ini mendapatkan respon yang meriah dan melampaui aspirasi awal label. Acara ini menarik lebih dari 2.500 peserta, 1.200 orang selama 2 Hari, sampai Media TV besar, MTV menyebut Festifal ini sebagai salah satu dari 2 hari konser terbesar sepanjang masa," sementara surat kabar utama Philadelphia memuji akal label kecil asal kampung memiliki sebuah kreativitas yang tinggi. Dan RELAPSE CONTAMINATION FESTIVAL telah di abadikan dalam 5,1 Surround Sound, di Shoot dengan 7 kamera yang menyimpan sekitar 48 lagu yang kemudian diriis dalam Double DVD Deluxe.

Profil RR pun pernah popular yang menarik skala besar perhatian media. Beberapa Lagu rilisan RR pun diminati sebagai sebuah soundtrack untuk kedua program televisi dan judul video Game, seperti pada cartridge game populer Underground Tony Hawk dan seri baru MTV yang berjudul “ Viva La Bam". Menampilkan Video MASTODON “March of the Fire Ants “ dari album “Remission “ dengan cepat menjadi favorit video di Program  Headbangers Ball MTV2 ! dan mengundang langsung Band ini sebagai co-host di Program Headbangers Ball bersama dengan Presenternya, Jamey Jasta –nya HATEBREED saat itu tepat pada Hari Valentine tahun 2004.

Pada bulan Maret 2004, edisi bulanan Alternative Press Magazine menempatkan RR sebagai label Yang memiliki 25 Band Penting dalam perkembangan Musik Metal yang didapat dari jajak pendapat dari musisi, penulis dan ahli Metal lainnya yang menulis DILLINGER ESCAPE PLAN, MASTODON, HIGH ON FIRE, NEUROSIS, PIG DESTROYER dan NILE sebagai Band yang berpengaruh sejajar dengan nama Besar dan Kondang LAMB OF GOD, MELVINS, HATEBREED, OPETH dan KILLSWITCH ENGAGE diantaranya.

Kemudian pada tahun 2004 telah terbukti menjadi tahun terobosan untuk RR dengan kembalinya Raksasa Brutal Death Metal yang terbangun dari Tidurnya setelah beberapa Tahun sebelumnya memutuskan secara resmi untuk Bubar !, Yup Reunian SUFFOCATION direspon bagus oleh RR untuk album pertama sejak Reunian “ Soul To Deny “ dan pada Musim panas tahun 2004 DILLINGER ESCAPE PLAN dengan album “Miss Machine “ bisa menembus posisi # 106 di Billboard Top 200, setelah menjual 11.392 kopi di minggu pertama. Dan pada Penjualan minggu pertama band ini telah berada pada posisi # 2 pada Grafik Heatseekers Billboard serta posisi # 4 pada Bagan Indie Billboard. “Miss Machine “ memang langsung menjadi catatan chart tertinggi dalam sejarah penjualan album RR dan hanya beberapa minggu kemudian, album “ Leviathan “ MASTODON pun juga menembus chart Billboard, masuk di posisi # 139. ke-2 rilisan ini memang telah membuat Angka penjualan mengesankan di minggu pertama perilisannya.

Pada tahun 2010, RR mengumumkan bahwa mereka telah melakukan Deal kerjasama dengan dengan seorang pengacara properti intelektual yang bernama Eric Greif dan Perseverance Holdings Ltd untuk mengambil alih Hak Cipta katalog Rilis sebagai bagian dari merek internasional yang dipatenkan dengan kekuatan Hukum yang kuat.

Pada tanggal 5 Agustus 2011, RR pun mengumumkan Deal Kontrak kemitraan dengan MOSHPIT TRAGEDY RECORDS, dimana RR bisa menjual 1 satu album mp3 dari katalog RR secara Online Digital Download Mingguan situsnya MoshpitTragedy.com.

Seperti diketahui RR dikenal mengkhususkan diri dalam berbagai jenis Musik Metal. Yang kemudian Baru-baru ini, dengan meningkatnya popularitas dari Music Extreme Metal, RR seolah-olah menjadi lebih utama lagi dalam hal Rilisan Genre-nya, dengan band-band RR yang kerap muncul di sampul depan majalah metal Kenamaan KERRANG! dan beberapa video yang diputar di Channel Musik TV, bersama dengan beberapa album charting di Billboard 200. Reputasi RR juga telah disebarkan secara luas oleh beberapa Sponsor Event Organizer seperti di Milwaukee Metalfest. Dan memang diakui sebagai hal yang Sulit untuk label perusahaan yang hanya berurusan dalam satu Genre Musik tertentu atau lainnya, karena ada banyak Musisi dalam Extreme Musik Metal yang semakin hari menciptakan banyak Genre Musik Metal, mulai dari stoner rock, hardcore, grindcore dan death metal sampai ke thrash retro Metal dan Doom Metal. Sehingga RR semakin melebarkan sayapnya menghadapi tuntutan Industri Pasar Internasional, semakin lebih open minded dengan berbagai genre tersebut termasuk merilis beberapa Rilisan lawas klasik dengan berbagai Kemasan Reissues menjadi salah satu Konsep RR terus bertahan hingga sekarang.

Kebesaran nama RR sendiri juga banyak mendapat Pujian dari berbagai Media Musik Cadas Internasional tentang Eksistensi Profesional dari Label bentukan Matthew F. Jacobson memang memiliki Rilisan2 bagusnya. Seperti majalah metal ternama Asal UK, TERRORIZER mengatakan Bahwa RR adalah “ One of the labels at the forefront of extreme metal, not just in terms of their success, but more importantly in terms of the highly creative bands they continue to sign and promote."

"Kami banyak Mengadakan Kerjasama dengan band yang kita Respond an sukai untuk pertama kalinya “ kata Matius F. Jacobson, mulai mengenal band-nya dari beberapa Demo yang band kirimkan ke RR, keluar dari Tradisi garasi  band, DILLINGER ESCAPE PLAN yang sering tampil diberbagai Event bersama MASTODON, membuat RR tertarik untuk meminang mereka dalam Roster RR.  Dan Jika ada sebuah keinginan yang kuat melalui visi utama RR, itulah yang menjadi sebuah keinginan untuk bisa sukses dan terdepan, berpikiran maju tentang sound musik untuk audiens yang datang Mengharapkan sebuah rilisan yang menampilkan apa-apa selain yang terbaik di dunia musik keras yang mereka tawarkan. Memang sebagian besar Roster RR terdiri dari sesuatu yang menarik pada masing-masing genre musiknya. Tak lama setelah itu masuklah beberapa nama Populer dari band NEUROSIS, MASTODON, NILE, HIGH ON FIRE, SUFFOCATION, PIG DESTROYER dan VIDNAOBMANA, semakin memberikan kemajuan RR dalam segala Estetika , memberikan yang terbaik bagi penggemar musik lama, dan antusias penggemar baru musik keras sama dengan sesuatu yang tak tertandingi serta menjadi yang paling inovatif saat ini.

0 komentar: