Searching...
3.06.2015
FUCKBACK 2014 - KALEIDOSKOP RILISAN LOKAL SEPANJANG 2014 Chapter # 1

FUCKBACK 2014 - KALEIDOSKOP RILISAN LOKAL SEPANJANG 2014 Chapter # 1

Oleh Herry SIC

Satu Kata untuk memberikan Aplaus penuh di Tahun 2014 “ AMAZING !!! “. Sepanjang tahun 2014 kita banyak menemukan Produktifitas dan Potensi Musikal Mengancam dengan bertebarannya Rilisan di Scene Metal Indonesia yang semakin maju Pesat dari Tahun sebelumnya. Memang tidak dapat dipungkiri, Fenomena yang mencengangkan ini menjadi cambuk paling berarti bagi para Musisi cadas terus meningkatkan eksistensi-nya dengan Kreatifitas dan Kualitas diantara kuantitas yang sekaligus mereka sabet disini.

Sebuah proses kreatif berawal dari sebuah imajinasi seseorang. Imajinasi adalah kemampuan seseorang untuk dapat Membiaskan Nyata dari suatu hal tentang sesuatu yang dia lihat, dengar, dan rasakan untuk diwujudkan dalam bentuk hasil karya. Kemudian Semua itu akan merangsang sebuah gagasan atau ide kreatif seseorang itu untuk menciptakan karya yang tentunya dianggap mempunyai nilai kebaruan. Lahirnya sebuah ide bisa diperoleh melalui kegiatan pengamatan. Ide juga bisa diperoleh secara tiba-tiba (ilham). Pemilihan ide menjadi sesuatu penting, karena saat pemilihan ide sangatlah berpengaruh terhadap hasil karya yang diciptakan. Memiliki  imajinasi dan gagasan saja tentunya tidaklah cukup untuk mewujudkan sebuah karya. Disini kita juga memerlukan yang namanya keterampilan. Keterampilan yang akan mengantarkan kita pada sebuah karya. Cukup menjadi catatan sederhana dari Fenomena Musisi Cadas Hari ini, tetap acungi 2 Jempol untuk Produktifitas untuk Band, Label, Zine, EO, etc memberikan Kontribusi secara Fenomenal ini meski tantangan yang mereka hadapi juga semakin Berat, Jika sebuah Keberhasilan mereka masih memiliki Momok tentang Aksi “ Pembajakan “terjadi akibat Semakin Mudah-nya Perkembangan teknologi yang tak terkendali. While the idea of not having to create art within a profitable formula is an interesting one, it’s not one that the majority of artists have the luxury of. that not only does he enjoy operating outside the box, Guys happy to let people have his music without paying for it. (Rob Zombie)

Pada Edisi ini, Gw coba ingin Memberikan Sedikit Rangkuman secara Kalaidoskopik sepanjang tahun 2014 menjadi saksi tak terlupakan dimana karya-karya Hebat serta Mengejutkan telah membuka mata dunia akan potensi Musisi Tanah Air yang makin Berbahaya setiap harinya ! Meskipun Ga secara Lengkap Gw menyajikannya disini, karena memang masalah keterbatasan TANPA mempersepsikan adanya Sikap “ Rasis “ pada sebuah Genre Cadas, Gw hanya membatasi-nya dari genre : Death, Black, Gothic dan Metal (mungkin) saja, sehingga Mohon maaf jika Genre yang tidak Gw sebutkan tidak dapat ditampilkan disini, I Stay Respect For All Extreme Independent Music ! … dan semoga Rangkuman Kecil ini dapat menambah manfaat-nya buat Metalhead mendapatkan Informasi sekaligus Referensi untuk memberikan support nyata bagi eksistensi dengan membeli Karya-karya Musisi cadas kita menjadi Pilihan yang sangat Bijaksana.

JANUARI

Pada Bulan awal tahun 2014 ini Re-Issue Ulang Album ABSOLUTE DEFIANCE menjadi Berkumandang lagi setelah Sold Out dari Pasaran yang beruntung ketika Distribution Metal Stuff sekaligus Label, Hitam Kelam merilis ulang Album yang menjadi paling Most Wanted ini sebagai Rilisan Pertamanya dalam format CD untuk “ Systematic Terror Decimation “ serta 2x kali Pressing format Kaset-nya karena permintaan yang Overload ketika awal Rilisan ini menjadi Rare Stuff sejak From Beyond Production (Sub Label dari Displeased Records) Merilis pertama kalinya pada 2002 (Materi “ Systematic Terror Decimation “ direkam ulang dengan Formasi berbeda) setelah Band ini mengganti namanya dari Awal Kemunculan pertamanya sebagai VILE (dengan Nama Vile inilah pertama pula Versi Pertama dari Materi “  Systematic Terror Decimation  “ dengan Formasi Awal ini dirilis Oleh Dementia Records) menjadi ABSOLUTE DEFIANCE setelah terjadi Masalah Serius tentang Hak Paten Nama atas Hukum dengan VILE Asal Amrik.

Album Full Ke-2 Slamming Machine HELL SKUADTortured “ dimuntahkan label asal Spanyol, Pathologically Explicit Recordings menjadi Materi yang lebih Berani dan matang sejak Album full pertamanya “ Knife of Perfect Mutilation “ tahun 2012 Via Label Asal Russia, Coyote Records. Mengusung Gaya Slamming yang dinamis serta cenderung berbeda dengan Asumsi kebanyakan Kriteria Para Slammer, Album Baru ini terbukti membawa Perkembangan baru signifikan bagi karir band. Trio Brutal Death Metal asal Malang, Jatim, HARAM pun berhasil mewujudkan Mimpi untuk melakukan Agresi Musikal lewat album Pertama “ Disgrace Satanic Brain “ secara Independen sejak tahun 2009 mengalami Penggodok’an Materi. just keeps getting better and better as it's barbaric brutality continues to become refined and perfected. Brutal Death Metal Band yang banyak membumbui Karakter Musiknya dengan Sentuhan Neoclassical Solo Gitar yang Ciamik.

Bengkulu Blacker INFUZIA Melepaskan “ Endless War “ sebagai Debut Full pertama mereka secara terbatas, kabarnya hanya dirilis 50 Kopi oleh Lumbung Padi Records, sehingga mungkin rilisan ini hampir tidak diketahui oleh Para penikmat musical Gelap mencekam ini. Dari Semarang ada nama Unik sebagai Band metal mungkin, TIYANK NDUSUN melempar Ep pertamanya “ Second Life “ secara Independen pula menyusul Materi sebelumnya sebuah Split “ Semarang Segitiga “ dirilis oleh Long Road to Glory Record sebagai Split Kolektif Bersama TOTAL HYPNOTIST & BLOODY MURDEROUS yang keduanya juga berasal dari Semarang. When Heavy Metal Meet Extreme Core Metal !, Sehingga muncul beberapa anggapan jika Avenged Sevenfold kini eksis di Kota Semarang. Dari Batam, Riau kemudian muncul Death Metal KEJAM dengan Rilisan Ep pertamanya “ Sugesty Menuju Ajal “ secara Independen menambah Daftar Rilisan Awal Tahun 2014, meski diantaranya kurang banyak melakukan Publikasi sehingga beberapa Rilisan Otomatis menjadi Sangat Asing untuk diperkenalkan kepada Fans Musik Cadas Khususnya.

Dari Medan lalu Muncul PARGOCHY memuntahkan juga Ep Terbatasnya “ Shackles of Revenge “ secara Independen, Brutal Death Metal Muda Menantang siap Melindas dengan Aksi Musik yang cepat dan Dasyat dimana konsentrasi kita terlalu terforsir akan nama-nama yang begitu Populer karena asumsi skematis, sehingga kita kerap melupakan potensi berbahaya yang siap mengancam nantinya. Seperti membuka Kutukan yang meregangkan Nyawa BM Movement ketika Dominasi Genre Metal lain seperti sedang Menguasai, SAJEN SETAN Blacker asal Sidoarjo merilis Demo “ Jiwa Neraka “ (The Jenggala Production). Dari Cirebon Kemudian Ada POISON NOVA dengan Ep Pertama Independen “ Circle of Woe “, Serbuan Metalcore dengan Bumbu Sedap Melodic Death Metal yang Intens ! label asal Palembang, Bujang Head merilis Split 5 Band Black Metal asli Palembang untuk melakukan Konspirasi Hitamnya, KANTONG SIMAYIT, CURSE OF SATAN, FREEDOM, ROH dan JAHILIYAH dalam 1 CD “ X th Sriwijaya Darkness Monster “ secara Terbatas. Dari malang Scene kemudian Grinding Thrasher HELLCORE memuntahkan Rilisan berbagi Track Space dengan KONTRASOSIAL bertajuk “Hellcore / Kontrasosial " Split dalam format CD dan Kaset yang kemudian Anarkopop Merilisnya kembali dalam bentuk Kaset. Invasi Ganas berikutnya adalah dari Makassar , NECROPSY Memuntahkan Promo CD 2014 via Brutal Infection Records. Slamming Brutal Death Menawan ini memiliki Konseptual Track Serta Sound yang mengganas pembawaannya. OMNIVOROUS dari Ciledug kemudian bikin Gebrakan Dasyat dengan “ Promo 2014 “ menjadi album full pemanasannya nanti di Brutal Mind, Brutalitas Death Metal Sadis yang Meledak ledak Hebat siap menjadi Penantian paling wajib for True Death Metal Freak !

REVIEW AVAILABLE


FEBRUARI

DAJJAL, Veteran Death Metal Ganas Asal Bandung memang Tetap Menggeliat eksistensi-nya, masih penuh amarah dan Kegilaan yang membabi Buta, meski formasinya tidak lengkap lagi seperti yang gw kenal Kiprah mereka di tahun 90-an, Barock Cs ini Kembali Membombardir Death Metal kejam lewat debut full album Ke-2 Nya “ Human Dark Side “ Via Heretic Records yang mengusung Aktual Brutalisme Dajjal tetap Masih Ada ! Band Black Metal paling Produktif asal Surabaya, NICRONOMODEZ rupanya ditahun 2014 ini ga tanggung-tanggung untuk sebuah Kreatifitas tanpa batas-nya, Meski hanya dirilis dalam Format CD-R Terbatas, Album “ Thanks God for the Hell “ Mengawali 4 Full album mereka via Asal Russia, Cvlminis, Gila, 1 Tahun band ini Bikin 4 Album ! disusul dengan album “ Vampiric Satan “, “ Ksatria Tak Bernyawa “ (Rotten Crowz Productions) dan “ Menarilah Murka Iblisku “, Ckckckck Syalut ….

Dari tetangga dekatnya, Krian, Sidoarjo ada SAKRALITY yang memuntahkan full album yang masih bernuansa kental Black Metal-nya “ Imajinasi Hitam “ yang dilepas sangat terbatas CD-R oleh label Independent Russia, Cvlminis. Konspirasi Hitam kemudian menjadi Momen yang tepat untuk 2 band Black Metal Kawakan discenenya, SEREIGNOS (Kediri) dan WARKVLT (Bandung) untuk bertemu dalam 1 Rilisan Ludah Production bertajuk “ Blasphemous Alliance “.MOSES BANDWIDTH Kemudian merilis Produktifitas Album nya yang kesekian juga, “ Emptiness, Loneliness, Sadness “ Menjadi rilisan Sangat matang sebagai wujud Progres Perjalanan Musikalnya, sehingga rilisan ini memang terdengar maksimal dan memanjakan sekali for Fans Fanatic Symphonic Gothic/Death Metal. Menggemparkan selanjutnya saat Band Slamming Brutal Death Metal dengan kaya sentuhan Groovy Dinamis FAILED VIRGIN memuncratkan full album berkarakter “ Beheading Reception with Vaginal Blood “ via Breeding Records sebagai Ancaman serius Death Metal Fans, dengan Musikalitas serta Sound yang sangat menendang pantat, CD pertama ini adalah yang Mengerikan for True Slammer agar tidak terlalu terhipnotis dengan Opsi-opsi Propaganda Tolol lainnya.

Sukses menghantui dengan 2 album selanjutnya, XTAB (Akronim dari Kata “ Extreme Tendencies Animosity Brutality “) akhirnya merilis Demo “ Jawara Lain Jawara “ yang mereka share gratis di Socmed untuk mengenalkan Konsep serta Karakter barunya seperti menjadi Pertanda dari Penasaran Death Metal Freak tentang Perkembangan Musikal band. Secara Mengejutkan kemudian, LORD SYMPHONY, Power Metal Band terbaik asal solo ini masih menggeliatkan Genre yang special di Scene Indonesia, selain memerlukan Skill yang Tinggi, pergolakan hebat genre ini sangat terakui dengan bermunculan-nya band2 yang mengusung karakteristik sehingga lumayan membangunkan Jawara-jawara sebelum mereka eksis untuk mengisi kembali Reunian mereka. LORD SYMPHONY hadir menawarkan sound yang distortif, Power Metal gaya Eropa dengan sentuhan Kental Etnis Tradisional jawa yang begitu kental didalamnya lewat full album ke-2 “ The Lord's Wisdom “ Via Semax Records, setelah rilis versi digital-nya, sebulan kemudian Versi Fisiknya pun dirilis. Hail Cult Indonesian Power Metal ! dari Pulau Dewata Bali kemudian gemeretak dengan Kemunculan Full Album Pertama Brutal Death Metal PUREGATION melalui “ Humans Are Determined to Kill “ yang dilepas oleh label asal Thailand, Brute Productions.

Meramaikan Rilisan di Februari kemudian adalah Stoner Rock/Metal Jahanam asal Surabaya, BVAS dengan Ep “ Agresi “ via Radioactive-Force Records dalam format CD dan Kaset terbatas. Buat yang sempat demen dengan Down, Black Label Society, Crow Bar, Eyehategod ato Corrossion Of Conformity pasti akan sedikit bangga scene Indonesia Memiliki Band yang Gahar dikelasnya tersebut. DEVADATA, masih menjadi Hardcore/Thrash Metal dengan taring tajam di Jawa Timur untuk menetaskan album full ke-2 nya “ Disrespect “ via Gr8day Records yang menjadi album paling berbeda dengan materi sebelumnya dimana Sepultura Cult masih Berkobar Hebat dengan Sayatan Kental Bullet For My Vallentine serta Trivium menjadi Komposisi yang Melepas dahaga sekali. Samarinda, Kaltim menyimpan Embrio Lainnya saat HATENEMY menjadi Thrash Metal band eksis memuntahkan EP pertamanya “ Hatenemy - See You in Hell “ secara Independen band yang awalnya dikenal sebagai Sangkakala Beasink ini. Sementara itu Pieces Records Menyiapkan kembali Embrio Jahat Berbahaya Bandung Scene dengan Merilis Promo 2014 nya Band JARAH dengan mengusung Brutal Death Metal enerjik darah Muda Potensial yang sedang sibuk terus menyiapkan full albumnya. Forgotten Era “ Obsesi Mati “ bertemu dengan Intensitas Blastbeat Domination !

REVIEW AVAILABLE


MARCH

Ada banyak rilisan Death Metal sadis pada bulan Maret 2014 yang menjadi Highlight-nya adalah Bandung Super Death Metal Groub KALUMAN, setelah sangat memukau lewat Promo-nya, Kali ini secara Independent memuntahkan Debut Self Titled pertamanya, Brutal Death Metal Inovatif yang terasa kental banget elemen Slam Groovy sedikit meredakan Penat kita yang terus digempur dengan suguhan Death Metal cepat serta serba Membombardir ! Sajian Istimewa yang terasa sempurna Membuat suasana lebih Kondusif dan dijamin terisikan dengan Slam Moshpit Area gila-gilaan adalah Obsesi Utama Genre yang KALUMAN Usung ! Kemudian dari Nganjuk scene Muncul HELLRAIZER dengan debut full album ke-2 Nya “ Disclosure of Cosmogony : Dawn to the Ruination “ via WAAR Production, menjadi Letupan Materi Hebat yang akan menyita Perhatian Death Metal fans Dinamis serta Mengejutkan ! dengan materi yang lebih matang dan berani, salah satu Potensial Band yang dimiliki Nganjuk scene emang berani tampil “ Beda “ dengan Eksotis Musikal diatas rata-rata nya.

Hentakan beat Musik yang cepat senantiasa Menyerang Membabi buta pada Ep Pertama Bagi Ujung berung, Bandung Death Metaller yang mengharamnkan Slowly Tempo, CANNABIES melaju cepat dengan “ Green and Noxious “ Rilisan Brutal Mind, sungguh ini siksaan nyata untuk para pelaknat ! Rilisan memukau selanjutnya adalah Full Album pertama Slamming Brutal Death Esensial SUICIDE OF DISASTER dengan “ Evisceration of Pregnant Abdomen “ adalah amunisi 30 Menit pembantaian biadab via label Asal Jerman, Rebirth the Metal Productions, cukup melumuri darah kental berserakan dilantai saat menikmatinya. Lalu ROH SESAT dari Tangerang mengenalkan Demo Kaset Black Metal pertamanya “ Nama Kekasihku Black Metal “ lewat Smart Label asal Ukraina, Depressive Illusions Records cukup menimbulkan aroma sporadik untuk True Blacker saat menikmatinya. Dari Kota Wisata Batu, Jawa Timur kemudian INTRACRANIAL PARASITE memuncratkan promo 2014 sebagai agresi maksimalnya mengusung Slamming Brutal Death Metal Intens dengan Komposisi paling berdarah-darah ! Ancaman dari Scene Kecil rupanya jangan pernah kita Anggap sebelah mata Potensi dasyatnya !

Salah satu Geliat Eksotis dalam Genre Power Metal kemudian akan dimanjakan dengan Suguhan Video Eksklusif dari UMBRA MORTIS yang Oleh Air Tuhan Production Persembahkan dalam Format DVD, bagaimana Power Metal Fans bakalan dimanjakan sekali dengan suguhan Performance band potensial yang berubah haluan dari Black Metal Style ke Power Metal beberapa Tahun silam. Dari Pulau Garam, Madura kita harus waspadai Eksistensi Death Metal Potensial SICKLES yang merilis Independen debut EP perdananya dengan suguhan Musik yang cepat dan enerjik. Imej yang Madura banget sangat diperlihatkan pada Cover Art-nya, Skill serta Komposisi musik yang menarik siap menjadi sajian yang menggorok Leher kita dengan Celurit Tajam mereka. “ Sketching the Holy Blood “ dari FEMUR Menyusul kemudian mewarnai Decak Kagum Death Metal Movement tanah air semakin Bersinar kembali dengan Rilisan-rilisan yang diperhitungkan ! dengan Talenta serta Obsesi Maksimal, Pantas memang Debut Independen pertama mereka menjadi Masterpiece terbaik. Dan Kaset Ep Ke-2 dari Progressive Death Metal asal Ibukota, KREMATISTKrematology “ menambah Kehancuran Massal di Bulan Maret 2014. 

REVIEW AVAILABLE


APRIL

Digegerkan dengan materi Full Dasyat Ke-2 Jakarta Most Potential Death Metal CARNIVORED lewat CD “ No Truth Found “ yang mereka rilis secara Independent sangat Menggoyang Industri Musik Cadas Bawah tanah dengan Debut mencengangkan mereka ini, disusul dengan rangkaian Tour Panjang telah menambah Populeritas band. Materi yang Sangat Matang dan Dinamis ini seperti sedang Menyihir Hebat sekali Death Metal Fans saat Menikmatinya. Kemudian Album Ke-7 SIKSAKUBUR menjadi the Most Wanted and Waited untuk para fans fanatiknya tetap memberikan sajian Fresh Brutal Death Metal cepat yang membabi buta gila-nya ! perjalanan panjang serta produktif bagi SK memang terbayar disepanjang karir mereka menjadi lebih disegani. Masih ditangani secara Independent via label yang mereka kelola sendiri, Podium Music, SK hadir sebagai Mimpi Buruk dengan terror mematikannya !

Air Tuhan Production Kemudian kembali menambah List Rilisannya dengan Melepas Split “Asian Blackness Orchestra “ yang melibatkan 5 Black Metal band NEKRAD (Malasya),  IMMORTAL RITES, CROXOUS, AJAL (Malasya) dan HELLDUST dengan 45 menit yang akan membuat gelap Atmosfir hatimu, Arrrghhhhh !!! dari Pulau Dewata, Bali kemudian PARAU kembali membuat perhitungan serius dengan Full Album ke-2 nya “ Ragenaissance “ tetap meracik Musikal Konsep Death Metal cepat dan Mendominasi dengan sangat powerfully, setingkat lebih menendang Mungkin dengan sebelumnya, dan Armstretch Records telah menjatuhkan pilihan tepatnya kepada band Potensial ini. GRINDBOROKS lalu kembali memamerkan Demo Barunya “ Rehearsal of Death “ masih dengan sengatan Death/grind yang menampar ! Folk/Pagan Black Metal asal Jakarta, MORTAL ADULLOUIS dengan Ep Pertama “ Battlehymn from the Asgard Thrones “ via Malasyan label Night Art Production, lebih memberikan warna menarik dibulan April 2014.

Debut paling Menggoda April selanjutnya adalah milik Jakarta Death Metal Frontal, ABHIRA, menyuguhkan Death Metal yang berani dengan Progres Musikal yang surprising banget lewat Promo CD 2014 yang dirilis via Brutal Infection Records sebagai Pengakomodir Full Albumnya nanti, Dipastikan memang jika Materi Full album ABHIRA memang menjadi sesuatu yang Menyita Konsentrasi ini siap banget ditunggu ! lalu dari Bogor ada PROPAGANDA melepas Promo 2014 masih menawarkan Nuansa Brutal Death Metal yang Meledak ledak ! sementara dari Manado, Ada SABAOTH yang menyuguhkan Promo Series nya Via Dismembered Extreme Metal Stuff sebagai Foreplay Materi Full album mereka yang saat ini sedang persiapan untuk dirilis, Brutal Death Metal yang cepat dan Liar semakin menambah daftar Hitam band2 Yang siap menjadi Ancaman baru ! FREEDOM, Black Metal Band asal Palembang juga merilis Split Album dengan kawan setongkrongannya ROH. Dari Jakarta timur ada ABGOTTER dengan Demo pertamanya, Blackened Death Metal ala Behemoth Begitu kental Menghajar tanpa ampun !

REVIEW AVAILABLE


MAY

May Devastation dipanaskan dengan Rilisan Ulang (Re-Issue) dari Legendaris Brutal Death Metal ROTTEN CORPSE untuk Masterpiece terbaik Sepanjang masanya “ Maggot Sickness “ yang pertama rilis dalam bentuk kaset pada tahun 1996 Oleh Graveyard Production telah menjadi rekaman Pertama untuk kelas Band Death Metal untuk Menggunakan Sistem Full Track yang pada tahun 90-an, sehingga Kombinasi Skill dan Sound yang Gahar begitu memorable meski rekaman ini telah berusia 18 Tahun ! sebelumnya pernah dirilis dalam format CD oleh Ultra Hingax Production (Malasya) dan setelah itu RC seperti hilang ditelan bumi setelah Konflik Intern Hebat Melanda Band ini meski dikabarkan sempat akan Reuni dan Membuat album ke-2, namun khabar tersebut tidak menjadi nyata, “ Maggot Sickness “ kemudian menjadi rare Stuff ketika banyak kolektor memburunya sehingga Harga Fantastis untuk rilisan ini terjadi, kemudian Undying Music meremaster Ulang Materi ini dan Merilisnya dalam Format Kaset dan CD, pada press release sebelumnya, Preorder Re-Issue ini diluar dugaan, Masterpiece dari tahun silam ternyata masih memiliki Taring yang Luar biasa digemari kembali oleh lintas Generasinya cukup membuktikan ini adalah Masterpiece Lokal terbaik sepanjang masa.

Indonesia Scene menambah lagi Label yang antusias untuk rilisan lokal khususnya Genre Black Metal, lahir Persetan Records yang langsung memuntahkan 2 Amunisi Briliannya dari KURUSETRA untuk Album “ Embrace the Eastern Ground “ dan Ep EX INFERISAngra Mainyu “ yang sebelumnya tidak pernah dirilis, Meski Materi Lama namun Kualitas 2 Band Bandung ini tetaplah yang terbaik ! dari Bekasi Kemudian Muncul One Man Project Berbahaya, PERVERTED DEXTERITY yang melepas full album pertamanya “ Primitive Scene of Inhumanity “ via Brutal Mind terbukti banyak melirik perhatian Death Metal Fans akan Ide Kreatif Seorang Musisi Muda Januaryo Hardy meramu Death Metal adalah Masterpiece cemerlang yang pernah dimiliki Indonesian scene. Dari Bandung lalu ada ENTRAPMENT PUTRIDITY, Brutal Death Metal new comer kejam ini memuntahkan Promo CD 2014 menambah Epidemi Brutal Musik yang meledak-ledak sebagai Virus Mematikan ditahun 2014. Veteran Brutal band asal Cirebon, NAMRUZ kemudian melepas Ep “ Tanah Suci Kepalsuan “ sebagai Rilisan barunya sekaligus menjadi Penantian panjangnya setelah Album pertama “ Taedium Vitae “ ditahun 2004. dengan Musikalitas yang lebih matang dan tertata, Eksistensi mereka memang tidak akan berhenti !

GODZICK, Brutal Death Metal enerjik asli Sukabumi Berhasil merangkum karyanya dalam full album Pertama “ Resurrection “ secara Independen. Menjadi yang paling menyita perhatian gw Pribadi adalah Ep pertama Band Brutal Death Metal Potensial, MANROBBUKA asal Kediri yang memasukkan elemen Egyptian pada Harmonisasi Riffing dalam Beat musik cepat dan Menderu-deru Hebat, Simak Ep “ The Almighty One “ rilisan Earblast Records (Malasya) adalah Ancaman serius dimasa mendatang, Yang Muda yang berbahaya !!! Surabaya Black Metal Pioner, EMPTYS melepas Karya baru mereka untuk disandingkan dengan Singapura Black Metal ABVULABASHY dalam Split “ Apokalyptik NuklearWrath Kommandos “ yang dilepas oleh Label negeri jiran, Malasya, Malaysia the Darkness Productions. Dari Jakarta Timur kemudian ada STERILL BISSING, Blackened Death Metal Hitam yang akhirnya berhasil mewujudkan Mimpi buruknya menjadi sebuah Debutan Mematikan meski rilis terbatas secara Independen, Ketika Belphegor, Mayhem dan Behemoth menjadi Kombinasi kelam yang menenggelamkan terang? “ Interminasi Ambisius “ adalah Jawaban dari mereka !

Sajian Atmospheric Doom/Black Metal Yogyakarta MAUR dengan Demo “ Elegy “ Kemudian jadi Suguhan Hitam di Bulan Mei. HEADCRUSHER, Thrash/Heavy Metal Surabaya memberikan Feel Fresh dengan Mengusung Konsep Perpaduan Kuat antara Slayer, Anthrax, Megadeth, Motorhead, Municipal Waste, Violator, dan Overkill, disaat scene Indonesia terdominasi oleh Extreme Metal Genre Populer, Ep pertama “ Keos “ adalah suguhan yang asli menyegarkan ! masih dari Surabaya, Industrial/Dark Ambient, Black Metal Paling Produktif ditahun 2014, NICROTEK merilis juga Album terbatas “ Wolf Without Conscience “ diantara 4 album lainnya. Bergeser ke Barat Surabaya, Sidoarjo, Ada Gothic Folk Metal Unik mungkin konsepnya, Sentuhan Folk-nya disini ditekankan pada Karakter Etnis Vokal Cewek yang berbeda serta terasa Religius dari kebanyakan genre yang mereka usung, BEAUTY OF BLOOD dengan Full Album pertamanya “ Menuju KeagunganMu “ secara Independen siap memberikan Sajian yang Unik dan Menantang !

Dan Sepertinya ada banyak dibulan Mei dengan rilisan Gothic & Black Metal, ANASTASYA, Symphonic Gothic/Power Metal Asal Jakarta ini menyuguhkan Konsep musik keren lewat full album pertamanya “ Diary from Darkness “ yang dirilis oleh Garasi Rebel Records. Meski Genre ini tidak begitu Populer di Tahun 2014 jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, Percaya banget, jika suguhan Kualitas Musikal mereka adalah yang terbaik sekaligus alternatif menyegarkan banget ! memiliki nama yang unik untuk sebuah band Extreme Metal, BRHOBOSAN asal Boyolali, Symphonic Gothic/Doom/Black Metal ini memecahkan Kesunyian mencekam dengan Ep Baru mereka “ Meniti Asa “ Via The Trve Production. Lalu Javanesse Black Metal Pioner Sidoarjo, SACRIFICE kembali Memuntahkan Ep Terbarunya “ Sejatine Ingsun “ sejak eksistensi mereka tahun 1998 bukan isapan jempol jika mereka tidak mengenalkan karya Hitam berkualitasnya REDS Production dengan Kemasan yang menarik.

Medan Scene Punya Reaksi Signifikan akan Eksistensi Extreme Musicnya, MUNTAH KAWAT berhasil memuntahkan pula Debut full album ke-2nya “ Metal Medan “ via Fun Records, Masih menyuguhkan Aroma Brutal Death Metal Powerfully dengan formasi Fresh-nya tetap membuktikan Kualitas terbaik adalah Obsesi tak tergantikan dalam sebuah Eksistensi. Death/Grind Produktif asal Ciledug, AFTERSUNDOWN untuk kesekian kali melepas rilisan dan Album terbaru dalam format kaset sangat terbatas “ Mind Lost “ via Triple D Records sebagai Agresi Kebenciannya. Ketika Pig Destroyer bertemu dengan Mastodon untuk kemudian Konspirasi dengan Gride dan Phobia membuat Penghancuran ! dari Batam, Riau kemudian muncul nama FORGIVENESS BEFORE DEATH, Death/grind Eksplosif mengenalkan Full Album Independen perdananya “ Metamorfosis Jiwa “. NEBUCARD NEZAR kemudian menjadi Gebrakan yang berani serta Unik pada Imej Band mengusung Warna Death Metal Kompleks dengan Female Vokal, Lirik2 Khas Asal mereka, Banyumas menjadi karakteristik dibeberapa title Track termasuk tajuk Album perdananya “ Koe Sengit Karo Aku Yach??? “ cukup memberikan setengah jam durasi Hiburan indera dengar yang menyegarkan dibulan Mei. BANISHET, Jakarta Thrasher ini akhirnya berhasil memuntahkan Debut Ep Pertamanya “ Ambisi Berujung Mati “ via Nazarock Production yang merilisnya secara Lagu (lagi) Terbatas saja. Dan INFEKSI Kemudian Menyudahi Chaos May-nya dengan Ep “ Infected Carcass “ dirilis secara Independen sangat terbatas. Brutal Death Metal asal Palangkaraya, Kalimantan tengah ini terus menambah geliat scene Borneo Island dengan Debutan band berpotensi.

REVIEW AVAILABLE


To Be Continue ... KLIK DISINI LANGSUNG

* Artikel ini Juga dimuat di LOSTINCHAOS Issue # 27, Dapatkan Segera Mumpung Persediaan Masih ada



0 komentar: