Most Popular

header ads

KLASIFIKASI SEDERHANA MELODIC DEATH METAL (MDM)

KLASIFIKASI SEDERHANA MELODIC DEATH METAL (MDM)

Melodic Death Metal (MDM) adalah salah satu genre yang paling diperdebatkan di scene metal. Perdebatan antara para metalhead masih terjadi terkait band mana yang menjadi bagiannya, mengapa itu Death Metal, apakah itu extreme metal atau bukan. Ada masalah dengan argumen ini bahwa MDM itu sendiri tidak pernah didefinisikan. Agar band-band ini dapat digolongkan dengan benar sebagai MDM band, pertama-tama harus dijelaskan apa itu MDM sendiri.

MDM selalu diperdebatkan tentang validitas Death Metal-nya. Beberapa orang akan mengatakan bahwa MDM dan Death Metal tidak sama. Yang lain mengatakan bahwa MDM persis seperti yang dikatakannya, death metal dengan sentuhan melodi. yang berbeda dapat membuktikan kedua pernyataan ini benar. Bentuk paling populer dari MDM sendiri adalah band-band Gothenburg seperti In Flames, Dark Tranquility, At The Gates, dan lain-nya. Pertama kita harus melihat apa yang serupa tentang band-band ini. In Flames, Dark Tranquility, dan At The Gates semuanya dibentuk di akhir tahun 80-an dan awal 90-an dengan nama yang berbeda. Dark Tranquility berasal dari Septic Broiler, At The Gates adalah perpaduan yang menampilkan beberapa member band Grotesque, dan kemudian Tomas Lindberg menjadi yang paling terkenal, dan Bjorler bersaudara yang terkenal akhirnya menjadi dalang di balik proyek tersebut. Grotesque mewakili salah satu elemen paling awal dan paling ekstrim dari genre ini. Grotesque dikenal di seluruh Swedia sebagai band death metal baru dengan KVLTist Black Metal Culture. Teater Black Metal yang khas memberi Grotesque kesenangan saat memulai beberapa panggung kecil di bar. Grotesque juga memamerkan elemen-elemen death metal untuk mendapatkan gelar MDM. kemudian Ceremonial Oath cikal bakal terbentuknya In Flames oleh Jesper Stromblad yang pada saat itu terhubung dengan Tomas Lindberg (At The Gates) dan gitaris Oscar Dronjak (yang kemudian kita ketahui sebagai frontman Hammerfall). Ceremonial Oath lebih menunjukkan tempo terkontrol dan selingan melodi yang terlihat pada band-band masa kini seperti In Flames dan Dark Tranquility. Ceremonial Oath kemudian memperoleh vokalis In Flames, Anders Frieden, dan sederet titel extreme metal dan death metal tidak dibenarkan untuk band ini.

Bagaimana semua band yang awalnya keluar dari daerah ini (Gothenburg) dan pendahulu mereka seperti Soilwork, Gardenian, dan gelombang Finlandia selanjutnya yang menampilkan nama Children Of Bodom, Norther, Eternal Tears Of Sorrow, dan lainnya juga berhasil mempertahankan gelar Death metal atas nama mereka. predikat death metal bukanlah klasifikasi musik seperti geografi dan perbandingan. Sekitar waktu yang sama scene death metal Stockholm sedang berkembang dengan band-band seperti Nihilist, kemudian lahirlah nama Entombed, Therion, dan Tiamat. Style Gothenburg dianggap sebagai bentuk saingan " Death Metal " bagi kebanyakan metalhead Swedia.

Nah, setelah sejarah genre ini semakin jelas apa itu MDM secara musikal? MDM adalah genre yang berkembang lebih internasional selama bertahun-tahun. Gelombang musik MDM Gothenburg menyusul gelombang Finlandia. Ini terdiri dari band-band yang Gw katakan sebelumnya (Children Of Bodom, Norther, Eternal Tears of Sorrow), menampilkan pengaruh yang berbeda dari gelombang Swedia. Karakteristik Scene Finlandia adalah mempertahankan serangan gitar ganda yang kurang agresif dan lebih melodius dari kebanyakan band Swedia, dan menempatkan lebih dari apa yang dianggap hari ini sebagai gaya permainan power metal. Karakteristik Scene Finlandia juga menggunakan gaya vokal scream yang disempurnakan oleh Mikael Stanne, Tomas Lindberg, dan teman-temannya, tetapi dengan nada yang lebih jelas dan nada yang sedikit lebih tinggi. Sound sendiri memungkinkan klasifikasi sebagai band MDM. Penambahan instrumen keyboard memungkinkan perbandingan sebagai genre power metal. Selanjutnya dalam terus membandingkan band-band ini dengan band power metal, daftar kemiripannya semakin tipis. Gaya vokal di kedua genre itu berbeda, yang saja tidak dapat mencegah sebuah band dari suatu genre, tetapi mari kita cari lebih lanjut. Band-band yang dianggap sebagai gelombang utama dari band-band power metal dari Jerman memiliki gaya riffing yang sama sekali berbeda, karena band-band power metal ini (seperti Running Wild, Edguy, Early Blind Guardian, dan lain-lain) lebih banyak dipengaruhi oleh karakteristik heavy metal NWOBHM seperti Judas Priest, Iron Maiden, dan Tank. Gelombang Finlandia ini dapat dianggap sebagai genre semuanya sendiri, tetapi ia meminjam begitu banyak dari MDM dan power metal sehingga klasifikasi mana pun dapat diperdebatkan juga.

Ada lagi kemudian muncul gelombang MDM, dan yang satu ini menjadi kambing hitam dari keluarga yang berasal dari Amerika Serikat. Band-band ini dianggap metalcore, post-thrash, dan juga nama-nama lain. Band-band ini kebanyakan adalah pemuda Massachusetts baru seperti Shadow's Fall, Killswitch Engage, dan lebih banyak band barat seperti Trivium. Band-band ini memiliki banyak kesamaan dengan band-band Gothenburg. Sebagian besar musisi dalam genre ini sebenarnya mengidolakan orang-orang seperti Stromblad, In Flames dan Bjorler dari At The Gates. Pendekatan melodinya mudah terlihat di band-band seperti Shadows Fall dan Unearth dan ada juga band-band dengan lebih banyak elemen thrash seperti Lamb Of God. Nada suara di sana mirip dengan band-band Gothenburg juga. Darkest Hour bahkan telah pergi ke Fredrick Nordstrom (feat. In Flames, Dark Tranquility, Opeth) untuk merekam album mereka. Kemiripan tidak berakhir di sana juga sementara Peter Wichers dari Soilwork melonjak di atas epik instrumental.

Dengan elemen dan gelombang berbeda dari DM yang terbentuk, kita dapat mendefinisikan apa itu sebenarnya. Di setiap gelombang memiliki elemen thrashy yang ditampilkan di band-band seperti At The Gates, Lamb Of God, dan Soilwork memiliki pengaruh power metal di band-band seperti Children Of Bodom, Norther, dan di band-band Swedia seperti In Flames dan Dark Tranquility. memiliki elemen death metal dalam sejarah dan band yang sebelumnya tidak disamarkan seperti Arsis, Arghoslent, Vehemence, dan Garden Of Shadows yang memamerkan lebih banyak elemen death metal pada musik mereka. Ini membuat Gw percaya bahwa dengan pengaruh luas dalam band-band MDM, MDM adalah perpaduan dari semua genre thrash, power, dan death metal. Klasifikasi genre ini hanya seluas pengaruhnya saja. jika ada yang kurang, ok silahkan tambahkan dikolom komentar...

Posting Komentar

0 Komentar